Esensi Branding Bisnis yang Tepat

Merek adalah Identitas
Sebuah merek dapat merujuk pada produk atau layanan, tetapi pencitraan merek melibatkan lebih dari itu. Ini adalah proses di mana penawaran dan nilai-nilai perusahaan dikomunikasikan kepada publik pembeli. Jika dilakukan dengan benar, proses ini dapat dengan jelas mengidentifikasi perusahaan mana pun dan memungkinkan pelanggan branding untuk melihat dengan jelas apa yang membuat perusahaan itu berbeda dari semua pesaing bisnisnya.

Memahami Audiens
Saat memproyeksikan identitas ke publik pembeli, pastikan bahwa identitas tersebut konsisten dengan kebutuhan dan nilai pelanggan potensial. Itu bagus bagi perusahaan untuk memiliki kepribadian, tetapi kepribadian itu tidak akan berarti apa-apa jika gagal beresonansi dengan pelanggan. Setiap upaya untuk menciptakan dan membangun merek perusahaan hanya boleh dilakukan setelah penelitian ekstensif yang berfokus pada kepekaan audiens selesai.

Gunakan Metode yang Benar
Merek membutuhkan alat. Ini termasuk logo, warna perusahaan yang dapat dikenali, moto, dan metode lain yang mudah diidentifikasi untuk membedakan satu perusahaan dari yang lain. Meskipun mudah untuk terjebak dalam tampilan keseluruhan logo atau desain apa pun, penting untuk selalu diingat bahwa pelanggan tidak terlalu memedulikan estetika aktual alat ini daripada fakta bahwa alat tersebut digunakan secara konsisten, dan karenanya, diingat dan dikenali.

Konsisten
Memang, konsistensi adalah kunci sukses membangun identitas perusahaan. Logo harus tetap konsisten dari waktu ke waktu. Motto perusahaan yang mencerminkan nilai-nilai inti bisnis harus tetap sama sehingga pelanggan dapat mengidentifikasi perusahaan dengan cita-cita tersebut. Buat tetap sederhana, tapi mantap. Bahkan moto perusahaan yang hambar atau logo yang tidak menarik akan berakar di benak pelanggan jika mereka dilihat dan didengar secara konsisten dari waktu ke waktu.

Gunakan berbagai Media
Perusahaan saat ini tidak bisa hanya mengandalkan metode komunikasi lama. Selain media cetak dan iklan siaran, perusahaan juga harus mengembangkan situs web bermerek dengan jelas dan memanfaatkan berbagai media sosial yang tersedia saat ini. Setiap metode untuk berkomunikasi dengan pelanggan merupakan peluang untuk lebih mengembangkan merek perusahaan.

Fokus pada Nilai dan Nilai
Merek pada akhirnya harus dikaitkan dengan nilai. Untuk mencapai ini, setiap interaksi dengan pelanggan harus diselesaikan dengan mempertimbangkan nilai-nilai tersebut. Ini termasuk setiap iklan, setiap tampilan, dan setiap kontak antara karyawan perusahaan dan pelanggan yang mereka layani. Banyak bisnis menjadi begitu terobsesi dengan aspek eksternal dalam menciptakan merek mereka, sehingga mereka mengabaikan peran nyata dari kesopanan karyawan yang ditunjukkan oleh kontak aktual dengan pelanggan.

Ketika dijalankan dengan benar, strategi apa pun untuk membangun merek dapat meraup keuntungan besar bagi perusahaan. Pengusaha yang mengikuti prinsip-prinsip dasar branding bisnis ini akan menemukan diri mereka mengalami kesuksesan yang lebih besar karena identitas perusahaan mereka semakin mapan di benak publik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *